Perawatan Kura-kura Brazil

ImageKarena beberapa kali coba memelihara ikan di akuarium namun entah kenapa beberapa kali juga harus mati. Akhirnya setelah jalan2 di mall ada pameran flora fauna, ya begitu lihat si kura2 mungil dengan harga @10rb akrinya aku beli 2 ekor, dan sampai sekarang sudah 1 tahun bertahan hidup tegar, mudah pula perawatannya.

Dengan harga yang murah, kura-kura sering langsung dibeli tanpa pikir panjang – berapa banyak orang mengambil komitmen ini jika mereka tahu apa yang termasuk dalam pemeliharaan kura-kura yang benar?
Memang tidak ada salahnya memelihara kura-kura sebagai hobi jika kamu ingin benar-benar merawat kura-kura tersebut dengan serius dan menyediakan lingkungan yang mendukung untuk kura-kura tersebut. Ada ribuan kura-kura sangat membutuhkan orang-orang yang dapat memberikan perawatan dengan baik. Kura-kura adalah binatang pintar yang dapat berharga untuk dipelihara. Yang harus kita lakukan adalah tidak mendukung perdagangan kura-kura.

 

Filtrasi

Salah satu masalah umum yang sering dihadapi pemeliharaan kura-kura adalah memelihara kwalitas air. Air yang kotor adalah penyebab penyakit bakteri dan parasit. Aquarium kura-kura yang kotor sangat bau dan menjadi tambahan yang tidak baik dalam rumah anda. Menguras air secara teratur adalah satu cara untuk menjaga kebersihan, tetapi proses pengurasan cepat menjadi pekerjaan yang banyak menyita waktu. Pemecahan praktis adalah dengan menggunakan mesin penyaring atau filter yang dapat mengurangi frekwensi pengurasan. Ada tiga jenis filter:

Image Filter undergravel(bawah pasir)

Filter undergravel bekerja sangat baik, tetapi membutuhkan area yang luas, rendah kepadatan dan air yang mengandung oksigen tinggi. Jenis filter ini mengunakan pompa udara. Tetapi hanya sesuai untuk anak kura-kura. Aquarium yang besar harus menggunakan powerhead(pompa air celup) untuk menggantikan pompa udara.

Filter tabung internal(dalam aquarium)

Filter tipe ini cukup murah dan sangat efektif. Gunakan filter berukuran terbesar di dalam tangki anda. Media filter yang paling baik menurut pengalaman kami adalah jenis busa (spon). Busa ini dapat dikeluarkan dan dicuci jika tersumbat.

Image Filter tabung eksternal(luar aquarium)

Untuk aquarium yang besar filter jenis ini tidak terkalahkan. Sekali lagi, kami menemukan busa/spon untuk media yang paling efektif tetapi kombinasi lainnya juga dapat digunakan karena salah satu keuntungan filter jenis ini adalah keserbagunannya. Badan filter sendiri terletak di luar aquarium, hanya pipa penghubung ke dalam dan keluar yang dimasukan ke dalam aquarium. Gunakan filter terbesar yang dapat kamu beli untuk mendapatkan hasil terbaik, tetapi akan berdampak negatif terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Filter eksternal yang berkekuatan besar tidaklah murah tetapi sangatlah membantu jika anda memelihara jenis kura-kura besar di dalam aquarium karena filter itu akan mengurangi kebutuhan seringnya mengganti air.

Pencahayaan

Faktor lain yang sering tidak dipikirkan oleh pemelihara baru (pemula) adalah pencahayaan. Semua kura-kura dalam ruangan / aquarium atau kolam membutuhkan semacam cahaya buatan. Silahkan membaca artikel pencahayaan kami untuk mengetahui lebih mendalam tentang topik ini.

Kesehatan dan Penyakit

Lebih dari 85% semua penyakit-penyakit yang ditemukan pada kura-kura adalah hasil dari akibat rendahnya kebersihan perawatan atau rendahnya gizi makanan dan kadang-kadang disebabkan oleh keduanya. Air yang kotor atau pengaturan suhu yang salah sering terjadi dan tidak dapat dijadikan sebagai alasan. Air yang bersih dan suhu yang cocok dapat dengan mudah dicapai hanya dengan biaya kecil untuk membeli peralatan pada toko-toko.
Penyakit yang disebabkan oleh makanan yang salah banyak sekali ditemukan dan menjadi penyebab utama kematian dini. Jika keseimbangan gizi makanan dapat diberikan seperti yang ditekan sebelumnya, kami telah menemukan spicis yang dapat bertahan hidup lebih dari 30 tahun dalam perawatan.
Kura-kura dapat menjadi sakit seperti binatang lainnya dan jika mereka sakit anda harus cepat membawanya ke dokter hewan. Pada umumnya penyakit ini dapat disembuhkan jika terdeteksi secara cepat.
Berikut ini adalah pedoman untuk masalah kesehatan pada umumnya untuk membantu anda mengidentitikasi binatang sakit yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut dan kemungkinan perawatan selanjutnya. Pedoman ini bukan dimaksudkan sebagai petunjuk untuk anda melakukan perawatan sendiri. Semua perawatan kesehatan haruslah dimonitor oleh dokter hewan yang berkualitas. Metoda perawatan yang akan dibahas hanya sebagai referensi saja dan dimaksudkan sebagai petunjuk umum sesuai dengan kebiasaan kedokteran sekarang ini. Juga dapat ditemukan beberapa petunjuk umum untuk pemeliharaan dan perawatan kura-kura air tawar yang sakit yang dapat bermanfaat untuk disimak:

Kura-kura yang sakit harus dijaga kehangatannya. Suhu yang paling cocok secara umum adalah antara 27 -30 C. Pada suhu ini sistem daya tahan tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Sangatlah penting untuk mempertahankan kebutuhan akan air dari pada mengkhawatirkan untuk memberikan makanan secara paksa. Kura-kura yang kekurangan air (dehydrated) mengakibatkan kondisi yang sangat serius (dari komplikasi ginjal). Pada umumnya binatang yang sakit dan lemah membutuhkan / menyerap air dan mengembalikan fungsi ginjal sebelum mereka membutuhkan makanan secara paksa.
Kura-kura yang sakit mungkin tidak dapat berenang secara benar. Mereka dapat juga tenggelam. Jaga ketinggian air yang rendah dan pastikan kura-kura dapat meninggalkan air dengan mudah sesuai dengan keinginannya. Jika terjadi infeksi, pisahkan kura-kura itu segera mungkin. Sediakan aquarium kosong untuk keperluan ini jika dibutuhkan. Berikan perhatian yang khusus untuk hal-hal kebersihan dan gunakanlah sabun pencuci tangan seperti ‘Betadine’ povidone-iodine. Kunci keberhasilan perawatan reptil adalah ketepatan dari diagnosa yang diikuti oleh pengobatan sesuai. Jangan melakukan diagnosa tebak-tebakan tapi selalu mencari nasehat ahli di bidang doker hewan dari sumber yang terpercaya.

Pedoman penyakit umum

Gejala:
Mata bengkak atau berair, biasanya tertutup. Kemungkinan mengeluarkan cairan putih. Kulit terlihat merah dan mentah. Kemungkinan Edema.
Kemungkinan disebabkan:
Infeksi bakteri pada mata sering diakibatkan dari kurang berfungsinya sistem penyaringan (filtrasi). Selidiki lingkungannya. Kesalahan pengaturan suhu dapat juga menyebabkan gejala-gejala seperti ini.
Pengobatan:
Antibiotik yang dioleskan pada mata (dalam bentuk salep) jika disebabkan oleh infeksi bakteri. Jaga kebersihan dan lingkungan sekeliling jika tidak baik.

Gejala:
Luka atau plaque-like furry yang disebabkan oleh sel-sel mati disekitar mulut. Kemungkinan menolak untuk diberi makan dan mata kemungkinan juga membengkak.
Kemungkinan disebabkan:
Infeksi bakteri pada mulut biasanya dapat ditemukannya organisma gram-negatif. Menular pada jenis hewan lainnya.
Pengobatan:
Kondisi yang serius membutuhkan pengobatan yang cepat. Mulut harus dibersihkan dengan cairan povidone-iodine beberapa kali dalam sehari dengan membersihkan juga sel-sel mati. Antibiotik yang berkontak langsung dengan luka juga efektif dalam melawan Gram-negatif organisma. Tangani hewan yang terinfeksi dengan seksama dan pisahkan dengan kura-kura lainnya secepatnya. Keadaan seperti ini biasanya dapat segera diatasi jika terdeteksi secara dini.

Gejala:
Hewan yang kurang bertenaga, kemungkinan menyanggah kepalanya dengan tinggi atau dalam posisi yang tidak seperti biasanya. Kemungkinan juga lemahnya kaki depan dan belakang dan juga kadang mengeluarkan cairan dari hidung atau mulut diikuti dengan sesak napas.
Kemungkinan disebabkan:
Kondisi serius yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran pernapasan, kemungkinan pneumonia.
Pengobatan:
Perhatian dari dokter hewan diperlukan secepatnya. Suntikan antibiotik biasa tindakan yang harus dilakukan (antibiotic biasanya tidak diberikan secara oral pada kura-kura air tawar disebabkan oleh lamanya dan tidak menentukan rasio penyerapan melalui pencernaan dan tidak menentunya jumlah serum darah).
      
Gejala:
Lemahnya daerah tempurung atas atau bawah dengan kemungkinan pecahnya pembuluh darah. Kemungkinan terciumnya bau yang tidak sedap dari daerah sekeliling. Daerah yang terkena dapat menyebar dengan cepat.
Kemungkinan disebabkan:
Infeksi bakteri pada tissue yang mana berasal dari trauma atau penyakit tertentu. organisma gram-negatif biasanya penyebabnya.
Pengobatan:
Daerah sekeliling yang terditeksi harus dibersihkan secara rutin dengan cairan povidone iodine, sel-sel yang mati dibersihkan secara perlahan dan kura-kura ini dipisahkan secepatnya dengan yang lainnya. Antibiotik yang dioleskan langsung dapat digunakan. Gejala seperti ini kebanyakan disebabkan oleh lokalisasi luka trauma, seperti terbakar oleh pemanas/heater atau goresan yang disebabkan oleh batu tajam yang ada di aquarium dll.
    
Gejala:
Kurang bertenaga, lemas, kemungkinan kaki atau tempurung bawah terlihat kemerahan.
Kemungkinan disebabkan:
Pada umumnya septicemia (keracunan pada darah).
Pengobatan:
Pada umumnya disebabkan oleh luka trauma, terutama air yang terkontaminasi. Ada kemungkinan hepatosis jika hati (lever) dengan cepat ikut terserang. Mendesaknya akan kebutuhan parenteral (tidak melalui mulut) antibiotik harus dilakukan dengan hati-hati dan intensif terapi pendukung juga diperlukan. Tes darah juga diperlukan untuk memastikan kemajuan pengobatan.

Gejala:
Tempurung atas yang lembek dan kemungkinan tidak merata. Lemahnya kaki-kaki dan kura-kura ini kemungkinan masalah makan.
Kemungkinan disebabkan:
Makanan yang kekurangan kalsium baik sedikit maupun banyak.
Pengobatan:
Untuk kondisi yang parah kemungkinan tidak dapat tertolong. Pengobatan dapat berupa suntikan kalsium ditambah makanan yang berkalsium dan perawatan di bawah sinar lampu UV-B.
Catatan: Gejala tempurung lembek, jangan disamakan dengan kura-kura jenis tempurung lunak (Soft-shell) seperti jenis Tryonix/Apalone.

Gejala:
Luka baru.
Kemungkinan disebabkan:
Perkelahian, lecet pada batu atau benda lain.
Pengobatan:
Pindahkan faktor penyebab di lingkungannya. Bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan cairan povidone-iodine dan jaga kebersihannya sampai luka sembuh total. Perhatikan dengan seksama gejala infeksi kedua, seperti septicernia, necrotic dermatitis.

Gejala:
Pembengkakan atau kemerahan di samping kepala.
Kemungkinan disebabkan:
Bisul telinga. Pada kura-kura, disebabkan oleh kebersihan air yang kurang.
Pengobatan:
Pembedahan oleh dokter hewan dengan pembiusan lokal.     

http://www.hewanpeliharaan.com

About these ads

97 comments on “Perawatan Kura-kura Brazil

  1. Mungkin anda perlu memberikan daerah di dalam aquarium anda dimana kura-kura dapat benar-benar menjadi kering berjemur di bawah sinar matahari atau lampu khusus reptil. Ini penting seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kehangatan menimbulkan sistem kekebalan tubuh kura-kura anda. Dan juga karena kura-kura brazil mutlak membutuhkan sinar UV supaya dapat memproses makanannya dengan baik dan dapat menyerap nutrisi dari makanan.Dekorasi aquarium

  2. Tolongin aq dunk kura aq ad 2 yg satunya matanya bengkak n yg satunya hidung nya berdarah (g tau knapa, pagi2 dah gitu) mo kasiin obat tapi g tau yg mana, entar malah salah plzzz tlng aq!!

  3. kura-kura brazil saya di kulit kaki ada semacam putih-putihnya seperti mau terkelupas, lalu pada kulit leher ada semacam bisul warnanya putih tapi nafsu makannya tidak berkurang dan masih lincah, kenapa ya ? mohon penjelasan

  4. Cara obatinya tetentu saja tidk langsung ces pleng, sperti jamuran selain pakai obat (PK) tentunya environment air dan media darat, harus tetep bersih dan sebaiknya mengalir.

  5. kura2 brazil ku,
    kalo d drat,
    dy jrang bnged geraknya.

    kalo d dlm air,
    grak sih.,
    walau g lincah.
    tp matanya g mw trbuka.

    kira2 knapa ya . . ??
    apa dy buta . .??

    • dari yang pernah aku baca memang kura2 butuh lampu UV khususnya UV-B untuk sintesis vitamin. ato klo gak kan harus dijemur tiap pagi. nah masalahnya dari pengalamanku,nyari lampu UV-B di Indonesia susah banget,bahkan klo gak salah belum tersedia di pasaran Indonesia. klo di luar (Australia) harga lampu 1 buah 500 ribu klo gak salah…

  6. lah, kalo mau pelihara kura-kura indoor tanpe dikeluar2in kan butuh lampu UV. banyak yg ngebahas kok di website2. kayak di hewanpeliharaan.com. masalahnya ga pernah jelas gimana cara nyarinya. kalo pun ada kudu lewat internet. dan gw masalhanya ga percaya yg lewat internet2an.(ga berani)

  7. aku punya kura2 coklat matanya bengkak, lemes n g napsu makan..
    sedih nihh.. mau kasih obat ke matanya tapi g tau pake obat apa?

    sebenarnya kura2 tuuh harus didalam air atau darat siih??
    kalo di air melulu apa dampaknya??
    abis takut kalo didarat di makan tikus hiik..

    btw ditunggu infony ya..
    thanks before

  8. g jg punya n sakit ky gtu, trus klo matanya bengkak itu biasanya gara2 air tow lingk nya kotor… harus sering dibersihin dunk biar ga sakit, minimal y 2 hari sekali klo mu sehat….pling klo dah skit gtu ksh obat vitamin fish all (fish fitality) aja sama fish all yang biru (anti jamur) n yang garamnya (aquarium salt) harus ditakar ych…skrng pnya g dah sehat n dikasih makan daging sapi n ayam mentah biar cepet gede n galax hehehehe88….percaya…???? Gud Luck =)

  9. ada yg minat beli common snapper g gax, kbanyakan di home hahaha….???? bosen nih pengen bli yg gede hehehehe……ukuran 10cm murah kok cma @ 475rb doank….!!!!! n msh byk kura darat n aer laennya hahaha, skalian promosi neh….??!!??

  10. Sebulan yg lalu saya br dibeliin kura-kura brazil 2 ekor..sepertinya jantan semua (saya jg g tau pasti sih tp stlh cari2 info memang ciri2 kuraa jantan). Kura2 saya yg satu warnanya g sehijau yg satu lg. Untk bbrp minggu kura2 yg g terlalu hijau lemah dan g mau makan tp lama2 dia sehat..saya memang rajin bgt bersihin aquariumnya 3xsehari & kura2nya jg saya bersihin jg..makan jg teratur..tp udh 2 minggu ini kura2 yg hijau bgt lemah pdhl sblmnya sehat bgt..perkembangannya g spt yg satunya…suka g bergerak…kadang keliatan kyk udh mati…tempurungnya aga lunak dipinggirnya…disktr mulut dan mata ad coklat2 gitu…udah gitu saya br perhatiin klo mulutnya suka buka tutup kyk org yg kehabisan udara dan cb ambil nafas dr mulut mirip asma gitu..tolong bantuin saya donk..saya kasian bgt sm kura2nya..g tega..ms yg satu sehat bgt tp yg lain g…pliz give me the advice

  11. Sebulan yg lalu saya br dibeliin kura-kura brazil 2 ekor..sepertinya jantan semua (saya jg g tau pasti sih tp stlh cari2 info memang ciri2 kuraa jantan). Kura2 saya yg satu warnanya g sehijau yg satu lg. Untk bbrp minggu kura2 yg g terlalu hijau lemah dan g mau makan tp lama2 dia sehat..saya memang rajin bgt bersihin aquariumnya 3xsehari & kura2nya jg saya bersihin jg..makan jg teratur..tp udh 2 minggu ini kura2 yg hijau bgt lemah pdhl sblmnya sehat bgt..perkembangannya g spt yg satunya…suka g bergerak…kadang keliatan kyk udh mati…tempurungnya aga lunak dipinggirnya…disktr mulut dan mata ad coklat kekuning2an…udah gitu saya br perhatiin klo mulutnya suka buka tutup kyk org yg asma ..gmn donk!

  12. Haii…
    Cuma mau nanya nih, dulu kura-kura brazil ku sempet bertelor meskipun jantannya cuma kura-kura yg jenisnya aku ga tau tapi punya kerapas coklat…
    Memang gimana ya cara netasin telur kura soalnya waktu itu telurnya ga netas…

    Si kura soalnya cuma ngletakin telor”nya gtu aza tanpa ngubur” pake pasir sgala
    Kasi taw ya!!

  13. kasih tau saya tentang common snapping dan aligator snapping?
    apa makanannya ? dimana bisa mendapatkannya? harganya berapa ya?……

  14. @Tono (#12)
    beli lampu UV Reptil di Jkt banyak lo. Cari aja di petshop yang jualan reptil, coba di daerah Kemang atau Kartini. Atau coba cari di MP dulu, kalo ga berani beli via web catet aja no kontaknya terus ketemuan.

    @pepynixy (#13)
    lha spesies kuranya apa dulu? Jangan disamaratakan semua kura-kura sama lho. Sebenernya ada Turlte (Kura Air) dan Tortoise (Kura Darat), spesiesnya pun banyak, perawatannya beda. Cuma kebanyakan orang sekarang taunya kura-kura ya Red-eared Slider (brazil yang bukan dari Brazil)

  15. kura-kuraq lagi luka..
    waktu itu q lagi bepergian,.
    kura-kuraq sama orang rumah ditaruh di lantai,.
    truz g tau mreka jalan2 kmana aj,.
    ternyata, waktu mereka balik,.
    mereka ud luka parah,.
    mpe ad darahnya gt di cangkangnya,.
    gmn in?
    q bingung bgt, ap boleh dikasih obat merah?
    tolongin aq y?
    pliiiz

  16. Pd umumnya red eared slider adlh pemakan daging. Dia adalah spesies kura2 pemalu dan tidak ganas, yg lngsng meluncur ke air bila takut (makanya d sebut slider)
    Kura2 saya betina, sudah 3 tahun dng panjang 25 cm.

  17. Trus ngasih makannya gimana?
    Gue baru beLi kura-kura bayi newH
    Mereka makan sendiri pa kudu dipaksa disuapin?
    Bungung gue coz dah seharian dia ga mau makan…
    Kasihan coz masih kecil bangetS…

  18. Saya punya sepasang kura-kura, jantan dan betina, terus pas malem-malem itu aku liat mereka ngentot, tapi karena yang betina terlalu agresif yang jantan jadi luka..
    Itu gimana cara ngobatinnya ya??

  19. Agi bingung ne..

    Aq bru plhara kura2 sepasang (2mggan)..

    Dr ptama beli mrka koq kyx g pnah makan gtu..
    Knpa y?

    Trs bbrapa hr brktx yg betina mati.. yg jantan sehat2 aja..

    Skrg aq br bw kura2 jntanQ traveling..
    =P
    tp bgtu nyampe’ koq dy ky jd lemes bgt..
    Aq tkt dy mati jg..
    Tolongin dnk..

    Blz d emailQ jg y..
    Qha_moo@yahoo.com

  20. kl q sih alhamd plihara kura2 6 ekor alhamd hidup sehat, segar sehat walafiat semua , yeah pesen q sih kl kt dah memutuskn untuk memelihara apapun it yg terpenting anggaplah mereka sebagi keluara mu sendiri and cintai mereka dengan sepenuh hati jadi insayaallah mrk seneng kt nya jg seneng kura2 q ku pelihara dr umur 2 minggu sampai sekarang dah 3 th and dah gede bgt

  21. kami memiliki kura-kura brazil 2 tahun, kami memiliki masalah dengan kura-kura karena cangkangnya rapuh dan warnanya pucat, apa kira-kira penyebabnya dan bagaimana mengobatinya????

    • Hi Pola Risma,
      pengalaman saya, cangkang yang rapuh atau empuk kalau ditekan, karena kura2 kurang sinar matahari. Sebaiknya setiap pagi kura2 dijemur di bwh sinar matahari antara jam 7.00 sampai jam 9.00 pagi, tidak usah lama-lama, cukup 1 jam saja (karena sudah 2 tahun usianya).

  22. kura2 saya tidak mau makan semua makanan yg diberikan. apa solusinya?
    masih kecil diameter tempurung 4cm. thanks.

    • Yang pernah saya alami:
      1. kura2 perlu dijemur di sinar matahari pagi, seperti bayi yang dijemur di bwh sinar matahari pagi. Sinar matahari paginya yang bagus dari jam 7.00 sampai jam 9.00 pagi. Dan lamanya dijemur engga usah lama2, cukup 30 menit saja.
      2. direndam dalam air yang sudah dilarutkan dengan mitelin blue (sering dipakai untuk obatin ikan hias). Larutkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan tertera di botolnya. Selama sekitar 1 sampai 2 jam. setelah itu diganti dengan air bersih. Biasanya setelah itu dia mau makan.
      Makanan yang saya berikan makanan ikan yang butir2 kecil (ada yang warna merah ada yang warna hijau), warna hijau lebih disukai.
      Kalau airnya keruh, karena kotoran dan sisa makanan, air segera diganti dengan yang bersih. Lebih baik lagi, kalau air yang kita berikan adalah air yang sudah diberikan anti clorin sebelumnya (kalau yang digunakan adalah air PAM).
      Semoga bermanfaat.

  23. Saya mau tanya, bagaimana caranya mengerami telur kura-kura ? Dan dengan lingkungan bagaimana kura-kura setelah bertelur tidak memakan telurnya sendiri (atau memecahkan telurnya sendiri?) Dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk memeram telur kura-kura sampai dia menetas ? Kura-kura saya sudah 4 kali bertelur, dan selalu pada waktu saya dapati, telur sudah tinggal pecahan kulitnya saja, dan airnya keruh sekali, karena isi telurnya yang larut dalam air. Terima kasih atas pendjelasannya.

  24. kura2 brazil aku mati dan sebelumnya dimulutnya mengeluarkan lendir warna ptih susu.kenapa ya?truz kura2 brazil temen aku mulutnya jadi sering banget mangap(membuka).padahal dulunya enggak. apa ada pengaruh gara2 tempatnya disimpen di ats TV dan sering dengerin msik dengan volume yang keras/tinggi?

      • Walaupun berenang miring, kalau masih ada nafsu makan, masih ada kemungkinan membaik,apalagi kalau dikasih vitamin cair juga dan dijemur dipagi hari,berangsur-angsur masih bisa membaik.

  25. tempo hri sy eli kura2 brazil udh gitu tempat nya kecil sdngkan duit pas2san gmn nya supaya kura2 ku betahan lebih lama?cara kasih makanan yg baik bgmn ya?jika kura2 ku sakit antisipasi bgmn?

  26. Informasi yang menarik. Untuk yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kura-kura Brazil atau berbagi pengalaman tentangnya, silahkan bergabung di Forum Pencinta Kura-kura Brazil

    —————————————
    Gabung yuk di Forum Pencinta Kura-kura Brazil
    http://www.kurabrazil.info

  27. 2minggu yg lalu aku beli kura” dibarito,terus kok sekarang kura”nya tidur mulu ya?pdhl pas sminggu awal dia lincah bgt.trus di kaki nya byk putih” gt.itu knp ya?pdahal tiap hri dijemur.aduhh..

  28. kura-kura jantanku warnanya kog gag cerah,warna d telinga kog gag merah yah????
    dia malas mkn mknan ringan pengenya ikan ma udang hidub doank?????????????
    oya atu lg nich, selaput matanya kog agag bengkak knpa yach,,,,,,,,,,,,
    ada yg bisa bantu zerro[kura2ku} ngga????????????????
    pleace bingung nich????

  29. Saya ingin bertanya beberapa hal tentang kura-kura saya yang sepertinya sedang sakit.
    1. Mengapa mata kura-kura saya sering tertutup padahal tidak bengkak?
    2. Mengapa kura-kura saya tidak mau makan? Sudah 2 minggu tidak makan.
    Terima kasih sebelumnya.

  30. Saya mau nanya…
    Penyakit umum yg bagian terakhir, tentang pembengkakan di samping kepala, kalo dibiarkan terus bisa makin parah? Soalnya memang sudah lama kura2x saya ada bengkaknya, tpi sampe sekarang masih tak apa2x. Apa tetap harus dibedah secepatnya? Makasih…

    • Kura-kuraku juga begitu, Sharlen.. Ini baru dua hari pembengkakannya. Tetapi, napsu makannya berkurang. Sudah kuberi tomat, pelet, dll.. Masih anak-anak sih.. Baru umur sekitar 2 bulan. Apa solusinya selain pembedahan? Di Palembang tidak ada dokter bedah soalnya.

  31. bentuknya seperti bintik putih yaaa?? klo kura2nya masih sangat kecil gimana tuh? bisa sembuh sendiri ga? mohon respondnya….

  32. waaaahhh makasi bgt infonyaa… kemaren kura2ku si tuti ga mau buka matanya n ga mau makan… ga tau kenapa, pdhl airnya selalu aku ganti stiap hari.. mungkin karna krang cahaya juga yaaa???hehheheee…

  33. tolong dibantu gan…
    kura2 ane, di mulutny ada kuning2 ny dy nda mau nutup mulutnya…
    awalny di kaki ada kuning2 gt…
    ane jg kurang tau tu gmn cara ngobatinnya…
    soalnya ane bru pertama kali melihara kura2…
    tolong di bantu y gan…
    ane syg bgt tu sm kura2..

  34. kura-kura gw kena penyakit Luka atau plaque-like furry
    cara penyembuhan cepatnya gimana ya
    gw dah coba kasih anti biotik+povidone-iodine
    tpi ga ada perubahan

    mohon bantuannya ya

    • boleh, klo dia mau. tp klo lebih sehat lagi makanan pelet kura2 sendiri or anak ikan mas yang masih kecil ato anak ikan lele yang masih bayi. itu lebih sehat dan membuat kura2 lebih cepat besar

  35. Ping-balik: Kisah Pilu Agnes « Watywaty's Blog

  36. tanya ya
    kura2 ku,kaki depan dan belakang lemes,kepala keluar 1/2 bagian,dan tempurunf bag bawah semu pink
    ada cara untuk pengobatan sendiri gak ya??(tdk k dokter)

  37. saya punya kura-kura, nah pada trempurungnya itu timbul bercak putih gitu dan lama kelamaan menyebar.itu disebabkan apa ya???trus pengobatannya gm tuh??mohon bantuaanya.terimaksih..

    • itu ada jamur di tempurungnya. klo perawatan sederhana, sikat jamur yang ada ditempurung kura2 itu. trus jangan lupa, kura2 harus dijemur. mereka perlu menghangatkan tempurung mereka guna menghangatkan tubuh mereka dan juga memperkuat tempurung mereka

  38. kura2 saya di matanya ada kaya selaput putih gt,, dan selalu berair,, dia ga bisa berenang lagi,selalu di dasar air.. tidak seperti kura2 saya yang lain… dia juga tidak bernafsu utk makan.. kira2 sakit apa ya?? tolong bget jawabannya ya..

    • itu kena ederma. biasanya klo kura2 dah kayak gitu, tinggal tunggu matinya aja. But buat kura2 yang masih sehat, sering diganti air sama di jemur dimatahari. biar sehat kura2nya.

  39. SAYA MAU TANYA, SAYA JUGA MEMELIHARA KURA2 BRAZIL, SAYA SUKA MENEMUKAN KULIT TEMPURUNGNYA, SUKA PADA LEPAS, APA KURA2 BRAZIL SPERTI ITU, SAMA SPERTI ULAR KLU TAMBAH UMURNYA DIA GANTI KULIT MOHON PENJELASAN?

    • iya. kura2 memang sering mengelupaskan kulit tempurung nya. itu hal yang wajar. dan selama tidak banyak hal itu tidak berakibat negatif pada kura2. sebagaimana manusia kura2 jg mempunyai kulit kering yang memang harus dia buang. bertambah umur kura2 memang akan berganti kulit, dari kulit kering menjadi kulit remaja.

  40. hallo.. all aku pndatang bru ni, nama aku hadi slm kenal ya all ;). aku bru piara kura brazil uda ada hmpir 3 mggu lumayan bsr si kuranya dan aku piara 1 kolam dgn jenis kura2 yg lain. tpi kenapa ya kaki dpn di sblh kanannya pincang gtu??? bahkan makin hr kakinya gk bs gerak lg pdhl sblmnya gk ada mslh. apa yg hrs aku lakukanya?? n itu di sebsbkn krena apa ya?? please solusinya ya thanks..

  41. Mau nanya? Sy pnya kura2 brzl,udah piara hmpir 3bln,biasanxa sy ks mkn anak ikan kecil2,skrang gak mau lg,trus syksi cacing kering,br mau mkan,tp agak lma klo makan,yang bgs d kasi mkn apa? Tri’s

    • kasih makan pelet kura2 aja. mungkin ada masalah dengan mulut kura2 makanya dia tidak bisa membuka mulut lebar2. yang penting sering ganti airnya aja. trus juga klo bisa semakin kura2 besar, carikan tempat yang luas buat kura2. biar kura2 bisa berkembang dengan sempurna

  42. Ehm, mau nanya nih. Aku pelihara empat ekor kura2 brazil. Satunya mati, dan satunya sakit, sedangkan dua sisanya masih sehat dan lincah. Masalahnya, kura-kuraku yang sakit ini, terkena pembengkakan pada telinga, juga kelopak matanya bertumpuk gitu… Setelah browse internet, cara penyembuhannya cuma pembedahan.. Bagaimana ya solusinya? Kura-kuraku juga ga napsu makan. Atau peletnya kebesaran atau bagaimana? Trims…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s