KHASIAT BUMBU DAPUR SEBAGAI OBAT

Bagi seorang ibu rumah tangga yang biasa memasak di dapur sudah tentu mengenal berbagai macam bumbu dapur yang berasal dari berbagai jenis tanaman maupun tumbuhan. Manfaat bumbu dapur ini dapat berfungsi, selain untuk menambah aroma dan lezatnya masakan yang dapat merangsang nafsu makan, akan tetapi beberapa diantaranya juga dapat digunakan untuk obat tradisional sebagai pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit maupun puskesmas terdekat.
Beberapa jenis bumbu dapur yang sangat mudah dikenal dan didapat antara lain : asam jawa, bawang putih, jahe, kencur dan kunyit yang khasiatnya sebagai obat adalah sebagai berikut.

1. Asam Jawa atau Tamarindus indica (nama latin)
a. Tumbuhan ini pohonnya tinggi besar, daunnya rindang yang biasanya tumbuh di daerah pantai dan banyak tumbuh ditepi tepi jalan sebagai tanaman pelindung.
b. Khasiatnya untuk obat penurun panas, pertolongan pertama pada luka, sariawan dan obat cacing.
c. Cara pengolahan dan penggunaan.
- Daging buah ditambah sedikit garam lalu direbus, kemudian disimpan ditempat kering. Dalam penggunaan ditambah sedikit air dapat digunakan sebagai obat penurun panas.
- Daging buah ditambah temulawak dan gula aren , kemudian direbus dan airnya diminum untuk obat sariawan dan gatal-gatal.
- Daun mudanya dikunyah dan tempelkan pada luka baru dapat menghentikan pendarahan.
- Daun direbus selama 15 menit, airnya dapat digunakan untuk obat cacing.

2. Bawang putih atau nama latinnya Allium sativum
a. Tanaman ini banyak dikenal oleh masyarakat, karena banyak dibudidayakan sebagai tananam petani yang ditanam diladang-ladang di daerah pegunungan.
b. Kahsiatnya, selain sebagai bumbu dapur yang hampir semua jenis masakan menggunakan ini, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai obat kompres dan untuk mengobati penyakit cacing pita.
c. Cara pengolahan dan penggunaan
- Umbi bawang putih digiling dapat digunakan untuk obat kompres karena gigitan serangga, sakit kepala dan bila digoreng dengan minyak kelapa untuk obat scabies.
- Umbi bawang putih dikunyah dan ditelan untuk obat bagi penderita penyakit cacing pita.

3. Tanaman Jahe atau Zingiber officinale ( nama latin)
a. Tanaman ini merupakan tumbuhan rimpang, berbatang basah yang tingginya sampai 60 cm. Tumbuhan ini tumbuh subur didaerah ketinggian 1500 m di atas permukaan laut.
b. Khasiat tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat kompres, obat sakit perut, obat liver, demam, gigitan ular maupun serangga dan lain-lain.
c. Cara pengolahan dan penggunaan.
- Daun ditumbuk dan ditambah sedikit air dapat digunakan sebagai obat kompres pada sakit kepala. Bila dicampur dalam makanan dapat digunakan sebagai obat sakit perut.
- Jahe yang ditumbuk dan direbus dalam air mendidih selama 30 menit airnya dapat digunakan untuk memperlancar pencernaan, pengobatan hati yang membengkak, batuk dan demam.
- Selain itu rimpang Jahe yang ditumbuk dapat digunakan sebagai obat gosok karena gigitan serangga.
- Rimpang Jahe yang ditumbuk diberi sedikit garam dapat digunakan untuk pertolongan pertama karena gigitan ular beracun.

4. Tanaman Kencur yang nama latinnya Caempreria galanga.
a. Merupakan tumbuhan basah yang banyak tumbuh didaerah tropis dan tumbuh subur pada tanah yang berwarna hitam dan berpasir. Tanaman ini banyak ditanam dan dibudidayakan oleh masyarakat karena nilai ekonominya yang tinggi.
b. Khasiatnya untuk obat batuk, menghilangkan gatal-gatal di tenggorokan, obat kembung dan rasa mual-mual, obat kompres dan obat masuk angin.
c. Cara pengolahan dan penggunaan.
- Kencur sebesar ibu jari dikunyah bersama-sama garam, kunyahan ini dapat sebagai obat gatal tenggorokan.
- Sepotong rimpang kencur diparut lalu diberi air yang sudah masak diremas dan airnya diperas. Airnya digunakan sebagai obat untuk kembung dan rasa mual di perut.
- Daun digiling dan dipergunakan sebagai obat kompres pada bengkak.
- Rimpang ditambah tepung beras, airnya diminum sebagai obat masuk angin, pegal dan lain-lain penyakit ringan.

5. Tanaman Kunyit nama latin Curcuma domestica.
a. Kunyit banyak digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di Indonesia. Tumbuhan Kunyit tumbuh subur di dataran rendah sampai ketinggian 900 m di atas permukaan laut. Banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena tanaman ini juga mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dipasaran.
b. Khasiatnya dapat dipergunakan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit dan untuk menjaga kesehatan seperti memperlancar air susu, obat eksim/borok, obat anti serangga, obat demam dan kembung.
c. Cara pengolahan dan penggunaan.
- Rimpang diparut, kemudian ditambahkan air sedikit. Campuran ini ditempelkan ke payudara untuk memperlancar keluarnya air susu.
- Rimpang, kapur sirih dan jeruk nipis bersama-sama digiling sampai lumat. Campuran ini dipergunakan sebagai obat eksim atau obat kompres eksim.
- Daun kunyit diolesi minyak kelapa, dipanggang di atas api setelah dingin dipergunakan sebagai obat borok.
- Rimpang diparut ditambah kapur sirih dan air lalu dipanaskan di atas api, setelah dingin dioleskan sebagai obat bengkak karena sengatan serangga atau karena ulat bulu.
- Rimpang diparut, dididihkan bersama susu dan gula, dapat dipakai sebagai obat demam, perut kembung dan memperlancar makanan.

(Letkol Ckm Hari Sudewo-Patriot)www.tni.mil.id/patriot/200607/i_kesehatan.htm

Powered by ScribeFire.

About these ads

4 comments on “KHASIAT BUMBU DAPUR SEBAGAI OBAT

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s