HATI HATI BELI DOMAIN

domain.jpgIni adalah kisah nyata (nama orang dan dan domain disamarkan) … agar kita waspada .
Suatu malam 28 Januari 2008, Sani membayangkan untuk memiliki website dengan nama domain sesuai dengan keinginannya. Esok paginya Sani mencoba untuk browsing di internet untuk mengetahui bagaimana caranya untuk bisa merealisasikan keinginannya itu.

Setelah browsing ia menemukan website yang memiliki jasa untuk penyedian nama domain dan webhosting. Di dalam website tersebut tersedia form untuk mencari (searching) nama domain yang masih tersedia alias belum dibeli dan dimiliki orang lain. Dalam pikiran Sani langsung ia membayangkan banyak nama pilihan domain seperti sani.com, sani.net, saniayu.com, sanikemayu.com, sanilumpia.com. Setelah ada banyangan nama itu ia mulai mengetikan banyak sekali nama domain dalam fasilitas search ketersediaan nama domain, dan ternyata nama saniharum.com belum ada, maka ia memutuskan untuk membeli nama tersebut.Sani berencana untuk menunda dulu mimpinya itu untuk satu hari, ia berencana esok pagi ia langsung transfer dan registrasi.

Esok paginya dengan mantap ia transfer uang ke penyedia domain dan kemudian ia bermaksud registrasi sambil memberitahukan bahwa ia sudah transfer. Apa yang terjadi ….? setelah ia registrasi ternyata domain tersebut disebutkan oleh penyedia domain bahwa “domain saniharum.com telah ada yang memiliki sejak tanggal 29 januari 2008”. Sani bertanya dalam hati “kok bisa ya??” “siapa yang beli!!!??”

Akhirnya Sani urungkan niat ia meminta bantuan teman yg kebetulan tahu seluk beluk internet. Ia minta tolong untuk dicek nama domain, dan ternyata memang benar bahwa domain saniharum.com telah dibeli oleh suatu instansi yang bergerak dalam bidang jasa internet sebut saja alias “terongmerahhijaudomain.web.id” yang ternyata pekerjaanya membeli nama-nama domain yang cantik.

Kisah tersebut diatas adalah kisah nyata dengan nama orang dan domain yang kami samarkan, dan telah banyak korban dan merasa kecewa berat saat domain itu lenyap dari mimpinya. Jadi bagi anda yang ingin memiliki nama domain berhati-hatinya pada saat anda mencoba searching nama domain menggunakan fasilitas dari penyedia jasa domain atau webhosting. Coba kunjungi basicfusion.com maka anda akan tahu bahwa diinternet banyak sekali peluang jual beli domain cantik.

Ada beberapa tips bagi anda yang berencana memiliki dan registrasi nama domain.
1. Bayangkan dahulu beberapa nama yang kemungkinan besar belum ada yang memiliki (unik).
2. Usahakan jangan mencari melalui fasilitas domain searching pada penyedia jasa, tapi lakukan dengan fasilitas whois pada (linux), kalo windows apa ya???
3. Usahakan tau informasi tentang penyedia jasa domain.
4. Setelah yakin domain tersedia segera lakukan registrasi dan langsung saja anda lari ke atm terdekat atau bank terdekat dan transfer.

Semoga bermanfaat.

Iklan

83 comments on “HATI HATI BELI DOMAIN

  1. wah iya pak, kok nama samarannya mirip sama namaku, cuma belakangnya aja yang beda. aku juga tertipu. padahal baru delay 2 hari, dan impianku tentang nama domain yang cantik sudah lenyap. semoga pembaca lain bisa lebih berhati-hati.

  2. Kalau saya malah lebih aneh,. saya udah bayar 2 hari sebelumnya, udah di cek ke Halo BCA, dana dah masuk ke rekening penyedia DONIM tersebut, eeeh bisa bisa nya dia berdalih,uang nya nggak diterima,… yaaa wong jelas jelas saya cek ke Halo BCA,dana dah masuk ke rekeningnya???? Ini namanya APA?????

  3. terus klo mu bli domain yang bagus gmana dong.kebetulan saya ingin memiliki website sendiri…jadi stelah membaca artikel anda saya jadi takut….trus apa yang harus saya lakukan..buat membeli domain tersebut sekaligus saya bisa hosting…mohon bantuannya..

  4. ya nih jadi takut beli domain, menurut saya beli domain belilah ke perusahaan penyedia jasa web yang jelas seperti centrin,telkom kalau perlu beli di kota anda tinggal

  5. Bagaimana jika sudah terlanjur di tipu?apa bisa kita menuntut?kalau bisa,bukti apa yang bisa kita gunakan untuk menuntut.yah minimal uang kita kembali atau si penyedia layanan bisa diproses hukum biar timbul efek jera

  6. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya :

    1. ketika domain di search, report yang ditampilkan available, padahal domain tsb unavailable.
    kesalahan ini sering terjadi pada tools search domain.

    2. Ada tools/software yang bisa memeriksa nama domain yang cantik dan paling sering dicari orang dari whois ICANN.
    Tools ini akan menangkap semua kegiatan search domain yang dilakukan di internet.

    Kemungkinan yang terjadi pada domain saniharum.com adalah penyebab no. 2.
    Belakangan marak di internet penyedia software untuk mencari domain yang paling sering dicari di internet.

    Saran, bila mencari domain harus beli saat itu juga. pencarian domain baik dilakuan dari websites penjual domain, atau menggunakan tools whois akan ditangkap langsung oleh software tsb dari server ICANN.

  7. Info yang sangat menarik nih. Saya juga pernah ngalamin, jadi waktu search available, tapi waktu udah dibeli ternyata nggak langsung dapat dan dikatakan kalau sudah ada yang punya yang bersamaan belinya.

    Lalu pernah juga, belum habis masa berlakunya, eh domain tersebut sudah hilang dari domain control.

  8. saya melakukan pembelian domain di apenta.com, sudah transfer via internet banking BCA, dan sampai sekarang masih belum aktif juga, apakah ini juga aksi penipuan ?

  9. wah, microcyber memang brengsek ya, sudah infonya servernya byar pet, domain di colong, hosting kaga bisa login, domain dan hosting ngilang tanpa kabar… ini benar benar penipuan. Sebaiknya yang berwajib tangkap dan penjarakan yang bejad begini.

  10. Jangaaaan di masterweb.net, BERBAHAYA!! Bisa anda buktikan saja searching di Google dengan keyword, “waspada masterweb”.

    Sebelum menyesal lebih baik cari tahu infonya dahulu….

    Dari dulu tuh MWN sudah terkenal dengan buruknya pelayanan, kalau gak percaya silahkan dibuktikan…

  11. Iya saya lagi bingung nich, udah 2 hari transfer untuk domain dan hosting di apenta.com, dan beberapa kali konfirmasi koq belum juga di aktifkan, padahal menurut testimoni persh hosting ini bagus, cepat, tanggap, kemana saya harus mengadu…?

    • Saya di Purworejo, saya coba idwebhost. Lumayan baguslah. Supportnya kalau di-email langsung dijawab di hari yang sama. Tips: Cek alamat kantor penyedia layanan hostingnya. Datangi saja!Hehe kayak belanja aja, tapi tak apa, sekalian tanya-tanya… Kalau cocok ya langsung beli… 🙂

  12. keren bgt tulisannya….malah yg lebih gila lagi! saya tinggal bayar…dah ada yg beli dan hanya dibuat web redirect….kesel juga sih!

  13. Diungkap aja Bro nama situs si penjualnya, jangan ragu dan takut, kami semua mendukung anda. Kejahatan seperti itu harus diberangus!! tolong di updet, nama-nama situs apa aja yg suka nipu seperti itu, mohon ijin copy paste, kita sebarkan di Blog kita masing-masing, biar mereka tau akibatnya.

    Salam…………’

  14. gan tlg infonya
    saya mw beli domain tapi saya ini baru pemula,
    mohon pencerahannya tentang penyedia domain yang bonafit
    trimakasih gan

  15. Saya sangat kesal dengan layanan hosting indonix.com padahal harga yang di tawarkan murah, tetapi mereka paling sering melakukan maintenance akhir-akhirnya hosting kita di suspended dan tidak dapat lagi login ke cpanel. jika kita buat tiket jawabannya paling sering mengatakan silahkan login ke klient area dan ganti password anda. Namun login tetap tidak dapat kita lakukan. Setelah kita hubungi kembali my support katanya kalau komputer kita keblokir padahal sudah saya coba pakai komputer milik teman namun hasilnya sama. Dan akhirnya kata suport indonix kita salah mepergunakan makanya hosting kita di suspended, yang penting banyak alasan-alasan yang tak memungkinkan diperbuat. Titik terakhir jika ingin hosting anda di aktifkan kembali, silahkan transfer biaya pengaktifan Rp 20-50rb lagi. Cuihhhh… Uang 20rb masih di palar juga.

    • saya sudah 3 taon pakai server Indonix tapi sampai sekarang tidak ada masalah, account yang kena suspend memang wajar kalau menggu cuztomer lain mungkin amelia salah satuh abuser yang suka ganggu server

      • indonix servernya sering down..
        sering error dan mudah sekali terkena Symlinknya ( symbolic link) …
        atau deface.. menyalahkan konsumen adalah jurus utama.
        kemanan bukan berada pada website saja akan tetapi pada server, dan bahkan indonix mengecewakan saya sekali walau saya ada 7 domain disana walhasil belum 6bulan saya sangat kecewa, ingin pindah domain tapi masih lama,
        akhirnya nunggu domain expired satu per satu.
        satu yang sangat saya sesalkan adalah domain yang saya buat untuk usaha, yang tertulis 3 tahun eh baru 1 tahun sudah di expire?
        bagimana indonix?
        pelayannannya cepat tapi payah yang selalu salah adalah konsumen…

        salam 🙂
        neon web media

  16. webhosting juga telah menipu saya,begini ceritanya,dari pilihan itu saya makkan nama yang tidak dimiliki orang dan benar disetuji. dan di kirimkan tata caranya transfer duit melalui berbagai bank,saya memilih bank mandiri syariah atas nama sayid munawir.besok paginya saya kirim kemudian besoknya saya lihat email yang masuk,terisi begini,terimakasih telah beli domain.wah bayangan saya sdh senang karena akan menjalankan website baru ternyata si penipu atas nama webhosting alamat jl printis jogja, dia kirim kn lagi email ke saya , yang isinya suruh konfirmasi pembayaran, dan saya konfirma ternyata dia bialang jumlah yang anda kirim tidak sesuai poadahal harga yang terdaftar yaiut harga doamin adalah 85 kemudian jadi 95 kemudian yang terahir menjadi 250 ribu dan dia minta di kirimkan bukan atas mnama sayid munawir tapi bank bca,bukan bank syariah mandiri yg saya kiri atau pilih malam tadi,banggsssat penipu.

  17. sy kecewa dengan indowebhoster.com beli domain.. sudah transfer.. tp ternyata masuk cpanelnyaa sangat simpel sekali,… bahkan manage DNSnya tidak ada.. coba ngenghubungi CSnya dr sore sampai malem nggak ada jawaban setelah habis ransfer

    • saya malah beli hosting tapi sering error resource limit is reached. sy lihat menu riwayat resource limit di cpanel tapi kosong tidak ada yg dicantumin. terus sy contact CS nya untuk minta riwayat resource limit malah tidak dikasi alasannya banyak. sy curiga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s